Pentingnya Konsep dan Metode

Pentingnya Konsep dan Metode

(Diterjemahkan dari : Ch’an Magazine, Summer 1998, Dharma Drum Mountain Buddhist Association, New York)

Untuk berlatih Ch’an, pertama kita memerlukan konsep untuk membimbing kita dan kita memerlukan metode untuk menolong kita. Konsep, atau pandangan benar, akan membimbing setiap langkah kita dalam berlatih sehingga kita dapat bergerak maju ke arah yang benar. Kita selalu kembali ke pandangan yang benar untuk mengingatkan kita akan jalan yang benar, dan kita menggunakan metode latihan kita untuk berlatih secara terus menerus. Dengan cara ini kita akan mendapatkan manfaat dari pandangan benar dan metode tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari, untuk kebaikan tubuh maupun pikiran.

Apakah yang dimaksud dengan konsep dan metode latihan ? Bagaimana kita mempraktekkannya ? Konsep Ch’an digunakan untuk membetulkan perilaku mental kita. Jika kita merasa putus asa, frustasi atau tidak seimbang dalam hidup kita sehari-hari sehingga kita tidak dapat mempraktekkan metode kita sama sekali, konsep ch’an dapat menolong menentramkan kita. Sehingga pada awal latihan kita bisa menggunakan konsep untuk menolong kita. Konsep apakah yang harus kita terapkan pada saat-saat seperti itu ? Kita harus menganggap hal-hal buruk yang kita alami, sebagai pembayaran karma yang kita perbuat di masa lampau. Tidak ada gunanya kita mengkhawatirkannya atau merasa tidak nyaman terhadapnya, sehingga kita lebih baik hanya membiarkannya lewat saja. Kita juga harus menahan diri untuk tidak terlalu khawatir tentang masa depan. Jika kita tidak dapat menyelesaikan masalah kita sekarang ini, terus menerus mengkhawatirkannya tidak akan bermanfaat. Mengenali bekerjanya hukum karma seharusnya dapat menghilangkan kecemasan kita tentang masa lalu dan masa depan. Pandangan yang benar ini akan membuat pikiran dan tubuh kita menjadi tenang. Dan jika kita telah tenang, kita dapat menerapkan metode latihan kita.

Setelah pikiran kita stabil dan tenang, kita menggunakan metode praktek meditasi, seperti menghitung napas, huatou atau penyerapan diam (jepang = shikantaza), sehingga pikiran kita tidak akan menjadi malas atau lemah. Jika kita dapat terus menerus menerapkan metode praktek kita, akhirnya kita akan dapat menyatukan pikiran kita atau bahkan mencapai samadhi, suatu tahap konsentrasi yang sangat tinggi. Kita dapat melatih pikiran kita untuk tetap stabil. Kemudian kita dapat meneliti diri kita dengan lebih obyektif untuk memecahkan masalah-masalah kita. Ini disebut kebijaksanaan. Tetapi kita dapat mempraktekkan metode latihan secara efektif hanya setelah pikiran kita stabil dan tubuh kita seimbang. Oleh karena itu pada permulaan kita harus melatih pandangan benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: