TAMBAHAN

ciu zhen

ERL SHI JIU ZHEN

BOROBUDUR OBYEK RITUAL WAISAK

Monumen Candi Borobudur sudah begitu banyak orang tahu dan dikenal di dunia. Bila dilihat dari kacamata pariwisata, Borobudur merupakan salah satu obyek wisata di Jawa tengah yang wajib dikunjungi, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.Tetapi alangkah baik lebih meriah, bila datang saat perayaan Waisak. Suasana yang ditawarkan jauh merasuk dan lebih berkesan. Alkisah Candi Borobudur itu sendiri sebenarnya berada dalam lembah yang dikelilingi bukit. Di antaranya Bukit Menoreh yang berada di sisi selatan dan Bukit Tidar di sisi Utara. Lembah dan perbukitan itulah yang menjadi penyebab Candi Borobudur seakan tersembunyi.

Borobudur merupakan candi megah peninggalan nenek moyang yang tak ternilai dan ini sebagai candi agama Buddha yang terbesar di Asia Tenggara. Keajaiban bangunan candi terkesan unik, terbagi tiga susun ornamen relief bangunan terpahat antara lain kama dhatu, rupa dhatu dan arupa dhatu. Bentuk yang berbukit dengan visualisasi narasi dikehidupan Sidharta Gautama semasih hidup dan meliputi ajaran-ajaran Sang Buddha dalam kehidupan.Bangunan candi itu sendiri didirikan sejak jaman Kerajaan Mataram kuno, sekitar tahun 750 hingga 850 masehi oleh Wangsa Syailendra. Secara psikologis memang candi Borobudur serta candi-candi Buddha lainnya tersebut memiliki ikatan emosional yang kuat dengan masyarakat Buddha di Asia.

Candi Borobudur adalah aset bangsa sebagai cagar budaya selain wisata ziarah. Bila bercermin dari ikatan emosional antara candi Borobudur dan umat Buddha di dunia. Para peziarah melaksanakan ritual ini biasanya dilakukan saat di hari Waisak dengan perjalanan prosesi melewati setiap tingkatan, dan berlangsung dari arah timur ke barat. Berarti berawal dari Candi Mendut, melewati Candi Pawon lalu melewati sungai Elo dan Progo, kemudian melanjutkan menuju Candi Agung Borobudur. Pemerintah akan membuka pintu Borobudur seluas luasnya bagi umat Buddha. Mereka diperkenankan pradaksina dan naik ke wilayah puncak candi untuk melakukan puja bakti dengan jumlah kapasitas umat akan ditentukan pihak. Panitia.yudi,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: